Kegiatan English Camp MA Ghozaliyah Dengan Konsep Fun Learning

 


Kegiatan Puncak English Camp

MA Ghozaliyah adalah salah satu satuan Pendidikan jenjang MA di Sidowaras, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa timur. Dalam menjalankan kegiatannya MA Ghozaliyah berada di bawah naungan Kementrian Agama, MA Ghozaliyah juga berada dalam naungan Yayasan Al-Ghozaliyah yang mana Yayasan tersebut memiliki beberapa instasi Pendidikan diantaranya TK dan Paud Ghozaliyah, MI Ghozaliyah, MTs Ghozaliyah dan MA Ghozaliyah.

MA Ghozaliyah memiliki berbagai fasilitas pembelajaran yang cukup menunjang untuk proses kegiatan belajar mengajar, diantaranya laboratorium IPA, perpustakaan, lab. Computer, lapangan yang luas, dan masjid. MA Ghozaliyah memiliki 9 ruang kelas yang terdiri dari 3 ruang kelas sepuluh, 3 ruang kelas sebelas, dan 3 ruang kelas duabelas. Yang masing-masing terdapat dua kelas jurusan IPS dan satu kelas jurusan IPA. selain pelajaran dari kemenag MA Ghozaliyah juga memiliki  pembelajaran dengan kitab klasik yang diampu oleh segenap dzuriyyah pondok dan segenap ustadz senior, Adapun hari efektif adalah hari Sabtu – Kamis dengan libur dihari Jum’at, kegiatan belajar mengajar dimulai pukul 07.00 WIB. dan berakhir pada pukul 14.30 WIB. Kecuali hari Kamis yang mana berakhir pada pukul 12.30 WIB.

Sebagai Lembaga swasta MA Ghozaliyah telah menyatukan pembelajaran kemenag sekaligus menanamkan jiwa santri kepada setiap siswa-siswi, hal tersebut dapat dilihat dari beberapa mata pelajaran siswa, adab sopan santun kepada guru, pembacaan ayat suci al-qur’an setiap pagi secara serentak, dan diwajibkanmya siswa untuk melaksanakan shalat berjamaah di Masjid. Hal ini hanya akan dapat ditemukan dalam lingkup pesantren. Mayoritas siswa dan siswi MA Ghozaliyah adalah santri dan santriwati dari Pondok Pesantren Al- Ghozaliyah yang mana ponpes ini juga berada dalam naungan Yayasan Al-Ghozaliyah itu sendiri.

Kegiatan di Ruang Kelas 

English Camp adalah suatu aktivitas belajar bahasa Inggris yang bertujuan menciptakan atmosfer baru dalam belaar melalui berbagai jenis kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Dengan mengangkat tema How To make? . Tujuan kegiatan ini memberikan kepada masyarakat untuk membangun rasa percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa inggris. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa kelas 10&11 setiap tahunnya.

Kegiatan English Camp ini dilaksanakan dengan mengusung konsep fun learning. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta aktif dan semangat ketika belajar Bahasa Inggris, pemahaman terhadap Bahasa Inggris peserta menjadi lebih meningkat serta rasa percaya diri peserta dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris juga makin tinggi. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan English Camp ini mampu mengubah pemikiran anak-anak bahwa Bahasa Inggris itu tidak sesulit yang dibayangkan. Kegiatan ini mampu meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri peserta serta kemampuan bahasa Inggris mereka. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme peserta dan mereka berharap dapat diadakan kegiatan seperti itu kembali.

 


Kita mahasiswa AMSP juga turut serta memeriakan acara English Camp tersebut. sebelum acara   English Camp itu berlangsung setiap siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mempersiapkan penampilan mereka. Kemudian para Mahasiswa AMSP ditugasi untuk membimbing setiap kelompok dari mempersiapkan tema, kostum dan juga meyakinkan para siswa yang tidak percaya diri agar meraka siap mengikuti acara dengan baik.

Program english camp di MA Ghozaliyah berjalan dengan lancar dan meriah yang mana dimeriahkan oleh siswa siswi MA Ghozaliyah beserta para guru dan juga mahasiswa PPL ikut serta berkontribusi dalam kegiatan tersebut. Sebelum kita lanjut perlu kita ketahui program sendiri didefinisikan sebagai satu unit atau serangkaian kegiatan yang merupakan realisasi atau implementasi dari suatu kebijakan, berlangsung dalam suatu instansi yang melibatkan sekelompok orang.

 

          *) Kelompok 9 AMSP Fak. Agama Islam UNHASY Jombang di MA Ghozaliyah Sumbermulyo Jogoroto Jombang 

Purwo Hadi Saputro (PAI), Dwi Khoironir Rohmatulloh (PAI), Wahyu Ramadhan (PBA), Dwi Rosinta Ardiana (PAI), Nurul Azizah Kholidasia (PAI), Dliyaul Hilmi Rumi A (PAI), Nurina Alfi Hammada(PBA), Rona Amalia Agata (PBA)
wasiilatunaa

Wasiilatunaa mempunyai selogan "Media Berbagi Ilmu" dimana makna ilmu itu sendiri adalah sebuah informasi atau sesuatu yang asalnya belum diketahui menjadi ilmu (informasi baru). Adapun ruang lingkup konten channel ini meliputi sejarah dan tokoh, pembelajaran bahasa arab (ilmu shorof, bahasa arab, qowaid al-imla al-arabiyah, ilmu ma'ani, ilmu bayan, dan ilmu badi'), tutorial aplikasi (pengolahan teks arab di word, aplikasi digital, google, mendeley, dan tentang youtube), jelajah kawasan, jejak peristiwa, dan informasi-informasi penting lainnya agar menjadi ilmu dan pengetahuan untuk orang lain.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post